Pasang iklan

Sport Center Desain Kelapa Sawit Jadi Venue PON Sumut 2024

Gema.id Sumut, Deli Serdang — Pusat Olahraga (Sport Center) dengan desain kelapa sawit tengah direncanakan akan dibangun oleh Pemprov Sumatera Utara di Bantakuis, Deli Serdang.

Pemilihan desain ini diambil karena berbentuk natural dan pola khas khusus dan, telah disetujui oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

“Desain pohon kelapa sawit diterapkan pada kawasan Sport Center Sumut dengan pertimbangan pembagian blok ruang. Ini menjadi pertimbangan untuk pembagian blok ruang berdasarkan konsep fungsi, jalur sirkulasi, dan capaian menuju bangunan di sana. Bentuk ini juga akan menjadi ciri khas yang unik dan ikonik,” kata Arsitek dari PT Rekayasa Priastini Amrita, dikutip dari Detik, Jumat (13/12/2019).

Sementara Edy Rahmayadi, pemilihan desain ini dipilih bukan hanya berdasarkan kawasan di sana terkenal dengan kelapa sawitnya, tetapi untuk pola pembagian zona yang ingin mereka perjelas.

“Kita sudah bahas itu secara detail dan sudah disetujui. Bukan hanya karena kita terkenal dengan kelapa sawitnya, tetapi juga karena pola pembagian zona akan lebih jelas, dinamis dan tepat. Hanya saja masih ada beberapa hal lagi yang perlu kita pertimbangkan seperti aksesibilitas, air, dan sarana penunjang lainnya,” jelas Edy.

Mega proyek ini akan mulai dibangun pada 2020 dan ditargetkan rampung pada tahun 2023 mendatang. Untuk persiapaan PON 2024.

Sport Center tersebut dibangun dengan luas area 300 hektare. Tidak hanya berdesain sawit tetapi dikhiasi ornamen-ornamen kedaerahan yang ada di Sumut, seperti dari Suku Melayu ada Pucuk Rebung, suku Karo-Pengretret, Simalungun-Gorga, dan suku lainnya.

Tinggalkan komentar