Pasang iklan

Pemprov Sumut Programkan Medan Bebas Banjir 2022

...

Gema.id Sumut, Medan – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tengah menyusun program guna mengatasi permasalahan banjir di daerah tersebut. Adapun program yang akan dilaksanakan adalah gerakan satu juta biopori, agar Medan bebas banjir pada 2022 mendatang.

Tak hanya itu, Pemprov juga merencanakan penanaman vetifer (tanaman pencegah longsor), serta penataan model tanaman penghijaun dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (17/1/2020).

Edy Rahmayadi mengatakan bahwa: “ Pencanangan satu juta biopori ini tentunya membantu menyerap dan menyimpan air di dalam tanah, sebagai salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah banjir di masa depan. Dengan demikian cita-cita Medan bebas banjir 2020 bisa terwujud,” katanya.

Pada tahun 2019 lalu berdasarkan data Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Sumut total 80 persen bencana terjadi di Sumut merupakan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin puting beliau, dan tanah longsor. Maka program untuk pencegahan dalam jangka panjang penting dilakukan.

Mantan Ketua PSSI itu meminta gerakan satu juta biopori ini di mulai dari rumah warga, serta membudidayakan tanaman veriver khususnya daerah-daerah rawan longsor.

Sementara Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis menjelaskan: “Jadi sejuta biopori dapat menyimpan tiga juta meter kubik, sedangkan vetiver merupakan rumput konservasi lahan yang mampu menyimpan air dan mengikat tanah,” jelasnya.

Tinggalkan komentar